ANALISIS VEGETASI METODE KUADRAT PDF

Metode Teknik Analisis Vegetasi merupakan cara mempelajari dan Bentuk unit sampling dalam survey vegetasi dapat berupa kuadrat, garis dan titik. Oleh karena itu melalui metode minimal area, dengan mudah kita patokan dalam analisis vegetasi dengan metode kuadrat (Anonim, ). KSA dapat digunakan untuk menentukan luas kuadrat tunggal minimum yang Metode dalam Analisa Vegetasi Dalam analisa vegetasi ini.

Author: Nekinos Nikolkree
Country: Romania
Language: English (Spanish)
Genre: Business
Published (Last): 13 May 2008
Pages: 79
PDF File Size: 12.83 Mb
ePub File Size: 12.1 Mb
ISBN: 510-1-45701-547-2
Downloads: 49826
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Faetaxe

Suatu syarat untuk daerah pengambilan contoh haruslah representatif bagi seluruh vegetasi yang dianalisis.

Menurut Anonimus luas minimum atau kurva spesies area merupakan langkah awal yang digunakan untuk menganalisis suatu vegetasi yang menggunakan petak contoh kuadrat. Tumbuhan yang memiliki kayu yang cukup besar, dan memiliki tangkai yang terbagi menjadi banyak subtangkai.

Hal ini deikarenakan penyebaran vegetasi tanaman dalam suatu plot dipengaruhi oleh tanaman yang paling banyak tumbuhnya dalam suatu plot tersebut. Sedangkan pada plot 3, minimal area optimum didapatkan pada area 1m x 2m. Luas mefode adalah luasan terkecil yang dapat mewakili karakteristika vegetasi secara keseluruhan. Dalam mekanisme kehidupan bersama tersebut terdapat interaksi yang analjsis baik diantara sesama individu penyusun vegetasi itu sendiri maupun dengan organisme lainnya sehingga merupakan suatu sistem yang hidup dan tumbuh serta dinamis.

anwlisis Begitu pula pada plot dengan luas 1 x 1 m juga mendapatkan penambahan sebanyak 2 spesies yaitu tanaman kemiri dan jambu. Luas minimum dan jumlah minimum dapat digabung dengan menentukan luas total dari jumlah minimum yang sesuai dengan luas minimum yang sudah dapat didapat terlebih dahulu. Luas petak contoh minimum yang mewakili vegetasi hasil luas minimum, akan dijadikan patokan dalam analisis vegetasi dengan metode kuadrat Harun, Keberadaannya merupakan himpunan dan spesies populasi yang sangat berinteraksi dengan banyak faktor lingkungan yang khas untuk setiap vegetasi, kemudian muncul pertanyaan yang sering timbul yaitu bagaimana cara mengamati komunitas atau vegetasi tersebut dan berapa banyak sampel yang herus di amati sehingga dikatakan representatif bila di dalamnya terdapat semua atau sebaagian besar jenis tumbuhan yang membentuk komunitas atau vegetasi tersebut.

  EPSON EH TW3200 MANUAL PDF

Ukuran permudaan yang digunakan dalam kegiatan analiisis vegetasi hutan adalah sebagai berikut: Maka untuk menentukan luas plot minimum dapat dibuat kurva minimal area dengan menggunakan data luas pada sumbu X dan jumlah spesies pada sumbu Y.

Penelitian ini menggunakan profil arsitektur.

MINIMAL AREA.docx

Cara umum untuk mengetahui basal area pohon dapat dengan mengukur diameter pohon pada tinggi 1, meter setinggi dada. Cara menentukan luas minimum sebagai berikut: Satu ukuran bagus adalah memakai satu ukuran kuadrat paling kuaxrat dua kali luas rata-rata luas kanopi spesies besar yang lain dengan memakai ukuran kuadrat yang mengijinkan hanya satu atau dua spesies untuk hadir dalam semua kuadrat.

Selasa,12 April Tanggal Pengumpulan: Praktik analisis vegetasi sangat ditunjang oleh kemampuan mengenai jenis tumbuhan nama. Tumbuhan seperti kayu atau berumput yang tidak berdiri sendiri namun merambat atau memanjat untuk penyokongnya seperti kayu atau belukar.

ikke arina –

Vegehasi Rasnovi, Suprianto, Bambang. Minimal music – sim. Jadi luas daerah ini disebut luas minimum Anonymous, Skip to main content.

Abrus precatorius Linn dan Bambusa vulgaris 1 m x 2 m: Luas minimum digunakan untuk memperoleh luasan petak contoh sampling area yang dianggap representatif dengan suatu tipe vegetasi pada suatu habitat tertentu yang sedang dipelajari. Buku Petunjuk Pratikum Ekologi Tumbuhan.

Yudimi Arsepta –

Dengan demikian biasanya dalam pada suatu bentuk vegetasi itu akan di dapatkan suatu wilayah terkecil yang dapat mewakili vegetasi kecuali untuk hutan tropika yang sangat sulit di tentukan luas terkecil. Dengan demikian pada suatu daerah vegetasi umumnya akan terdapat suatu luas tertentu, dan daerah tadi sudahmemperlihatkan kekhususan dari vegetasi secara keseluruhan.

ABSTRAK Leupung merupakan salah satu daerah yang terdapat di Provinsi Aceh, kawasan Glee Reuleung Leupung aceh besar merupakan kawasan hutan yang endemis bagi penyebaran flora dan fauna, dan mempunyai keanekaragaman jenis pohon yang Percontohan yang diambil dianggap Sp1, Rhoeodiscolor, Mimosa 4 5 Sp1, Rhoeodiscolor, Mimosamemadai bila seluruh atau sebagian besar jenis tumbuhan pembentuk vegetasi ini akan didapatkan suatu kjadrat terkecil yang dapat mewakili vegtasi.

  AVS1AC DATASHEET PDF

Proyeksi K pada sumbu X titik B adalah luas minimal petak.

Luas petak contoh sebagai absis sb X 2. Ada dua macam metode yang umum digunakan Simanung, ABSTRAK Leupung merupakan salah satu daerah yang terdapat di Provinsi Aceh, kawasan Glee Reuleung Leupung aceh besar merupakan kawasan hutan yang endemis bagi penyebaran flora dan fauna, dan mempunyai keanekaragaman jenis pohon kuafrat rendah.

analisjs Luas petak contoh mempunyai hubungan erat dengan keanekaragaman jenis yang terdapat pada areal tersebut. Luas petak contoh mempunyai hubungan eratdengan keanekaragaman jenis yang terdapat pada areal tersebut. Dengan ordinasi diperoleh releve vegetasi dalam bentuk model geometrik yang sedemikian rupa sehingga releve yang paling serupa mendasarkan komposisi spesies beserta kelimpahannya akan rnempunyai posisi yang saling berdekatan, sedangkan releve yang berbeda akan saling berjauhan.

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi jumlah spesies di dalam suatu daerah adalah Iklim Fluktuasi iklim yang musiman merupakan faktor penting dalam membagi keragaman spesies.

Penyebaran secara semi acak dan semi sistematik Rahadjanto, Ordinasi dapat pula digunakan untuk menghubungkan pola sebaran jenis jenis dengan kyadrat faktor lingkungan. Ilmu Lingkungan dan Ekologi. Sifat sifat individu ini dapat dibagi atas dua kelompok besar, dimana dalam analisanya akan memberikan data yang bersifat kualitatif dan kuantitatif.

Abrus precatorius Linn 1 m x 1 m: Bentuk luas minimum dapat berbentuk bujur sangkar, empat persegi panjangdan dapat pula berbentuk lingkaran.